Pemkab OKI Apel Gelar Pasukan, Antisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan


Kayuagung - Guna Mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) , Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir bersama Kodim 0402 OKI/OI,  Polres OKI, BPBD OKI, UPTD Damkar Dishub dan Satpol PP menggelar Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Kebakaran Hutan Kebun dan Lahan Kabupaten Ogan Komering Ilir Tahun 2022, di Lapangan PT. Buluh Cawang Plantations di Desa Suka Mulya Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir, Rabu (30/03/2022).

Apel gelar pasukan tersebut di pimpin langsung oleh Wakil Bupati Ogan Komering Ilir, H. M. Dja'far Shodiq, dihadiri Dandim 0402 OKI/OI, Hendra Saputra, S.Sos, MM, M.I.Pol , Kapolres OKI, AKBP Dily Yanto. SIK. SH, MH. Kepala BPBD Kabupaten OKI, Listiadi Martin ,S.Sos.,MM,  Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan OKI, Kepala Dinas Lingkungan Hidup OKI, Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala DAOPS Manggala Agni OKI, sejumlah Camat, serta diikuti oleh sejumlah perusahaan perkebunan dan Hutan Tanaman Industri (HTI) di wilayah OKI.

Dalam apel tersebut, Wakil Bupati Ogan Komering Ilir, H. M. Dja'far Shodiq menjelaskan. Setiap wilayah atau daerah pasti memiliki bencana, yang disebabkan oleh berbagai macam faktor baik itu faktor alam maupun faktor non alam. Permasalahan-permasalahan kebakaran hutan dan lahan sejauh yang telah terjadi yang menjadi perhatian Pemerintah Indonesia ini sangat serius karna berdampak negatif yaitu berupa pencemaran udara polusi udara yang mengganggu aktifitas masyarakat bahkan dapat menimbulkan korban jiwa bila tidak dilakukan pencegahan secara dini.

Pelaksanaan dalam apel gelar pasukan ini dalam rangka menyamakan langkah dan persepsi serta menyatukan tekat untuk saling bahu membahu dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di Kabupaten OKI. sehubungan dengan hal tersebut dalam momen yang sungguh istimewa ini Wakil Bupati Ogan Komering Ilir, H. M. Dja'far Shodiq  menghimbau serta mengajak kepada seluruh unsur terkait baik pemerintah, TNI, POLRI, swasta maupun masyarakat  agar kita secara bersama sama dapat bekerja lebih keras lagi, bekerja dengan cerdas dan bekerja hingga tuntas dalam mencegah menanggulangi kebakaran hutan dan lahan baik melalui upaya preventif, aktif, preventif aktif berupa penyuluhan penyuluhan sosialisasi kepada masyarakat yang dilaksanakan secara bersinergi dengan mengerahkan segenap unsur diantaranya babinsa, babinkamtibmas, maupun aparat pemerintah desa di masing-masing wilayah untuk melakukan patroli secara rutin ke wilayah-wilayah yang memungkinkan rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Wakil Bupati OKI HM Djafar Shodiq mengapresiasi kepada seluruh jajaran yang hadir dalam Apel Persiapan antisipasi Karhutla di wilayah OKI. "Kami berharap kedepan tidak akan terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah OKI seperti tahun-tahun sebelumnya".

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten OKI, Listiadi Martin ,S.Sos.,MM, menyampaikan apel ini bertujuan untuk melihat kesiap Siagaan anggota satgas dalam rangka mengatisipasi terjadinya bencana alam dan juga kita tidak boleh lengah kendati sekarang masih dalam kondisi aman.

Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Kebakaran Hutan Kebun dan Lahan ini sebagai langkah kesiap siagaan dalam membantu dan mengatasi permasalahan akibat bencana alam.”tutup Kepala BPBD Kabupaten OKI.

Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Kebakaran Hutan Kebun dan Lahan Kabupaten Ogan Komering Ilir Tahun 2022 juga diadakan simulasi penanggulanan kebakaran hutan kebun dan lahan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.