OKI Cetak 1000 Ha Lahan Sawah Baru

Kayuagung - Bersama TNI Kabupaten Ogan Komering Ilir mencetak 1000 hektar lahan pertanian baru. Cetak sawah ini tersebar di tiga kecamatan, yaitu di Kecamatan Tulung Selapan seluas 367 Hektar, di Kecamatan Cengal 316 Hektare dan di Desa Talang Aur Kecamatan Jejawi 316 Hektar.


"Kita patut bersyukur saat daerah lain kesulitan membuka lahan pertanian baru hari ini kita bersama membuka lahan baru” Ungkap Wakil Bupati OKI, H. M. Rifa’I, SE saat melakukan penanaman perdana dilahan cetak sawah baru di Desa Tanjung Aur Kecamatan Jejawi, Senin, (7/12).

Ditambahkan Rifa’I pencetakan lahan pertanian baru yang dimaksud adalah mengubah lahan-lahan yang semula bukan lahan pertanian menjadi lahan pertanian.


"Lahannya bisa punya warga, tanah negara atau lahan hutan. Kita pastikan legalitas lahannya, lalu kita ubah jadi lahan pertanian. Termasuk kita lengkapi dengan irigasi tersiernya (irigasi di dalam areal pertanian)" jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumsel, Erwin Noor wibowo mengatakan teknis Pengelolaan lahan cetak sawah ini, bisa dilakukan sendiri oleh pemilik lahan atau dikerjasamakan dengan pihak lain. "Pengelolaannya dikembalikan ke masyarakat pemilik lahannya. Kalau itu tanah negara maka pengelolaannya akan diatur pembagian hasilnya bersama masyarakat yang mengelola," tuturnya.

Sebelumnya, Syarifuddin mengatakan tahun ini Kabupaten OKI menoopang 10 besar produsen padi nasional. Produksi padi OKI tahun 2015 sudah terealisasi sebanyak 638.967 ton dari luas panen 148.823 Ha. Capaian ini menurutnya mengalami peningkatan sebanyak 70.968 ton atau meningkat sebanyak 12,49% dibandingkan produksi tahun 2014 sebanyak 567.999 ton.

“Alhamdulilah produksi padi Kabupaten OKI masuk peringkat 10 besar produksi padi nasional dan tiga besar di Provinsi Sumatera Selatan” pungkasnya.
Diberdayakan oleh Blogger.