Yuk OBMM Kenali Baik & Buruknya Mengkonsumsi Ikan Bagi Tubuh

Kayuagung - Ikan telah lama dikenal sebagai salah satu jenis makanan sehat. Hal ini disebabkan karena daging ikan termasuk jenis daging putih yang rendah kolesterol namun tinggi akan asam lemak omega 3. Itulah sebabnya makan ikan bisa membantu obmm dalam meningkatkan fungsi otak.

Selain manfaat tersebut, ada lagi beberapa manfaat sehat dari makan ikan seperti:

Mencegah serangan stroke
Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang rutin makan ikan setidaknya sekali dalam seminggu maka memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami penyumbatan suplai darah ke otak dibandingkan dengan mereka yang tidak makan ikan. Oleh sebab itu penelitian yang dilakukan di American Heart Association menyarankan Anda untuk makan ikan setidaknya dua kali seminggu sebab selain mampu mencegah serangan stroke, juga kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya membantu melindungi jantung.

Membantu melawan berbagai macam penyakit
Lemak ikan adalah sumber omega 3 terbesar. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan dapat membantu melindungi terhadap serangan arthritis, diabetes, depresi, dan berbagai jenis kanker.

Meski terlihat sehat, nyatanya makan ikan juga bisa menimbulkan dampak bahaya kesehatan seperti:

Berbahaya bagi ibu hamil
Meski makan ikan mampu membantu dalam meningkatkan kesehatan otak bayi, namun para ibu hamil sebaiknya tetap waspada atas bahaya dari makan ikan karena kemungkinan ikan mengandung methylmercury, terutama jika ikan hidup di lingkungan perairan yang tidak bersih. Polutan ini sendiri mampu menghambat perkembangan sistem saraf pada janin.

Kemungkinan mengandung racun
Selain bahaya di atas, ikan yang diternakkan juga bisa mengandung kontaminan racun. Oleh karena itu sebaiknya pilih ikan yang berasal dari perairan laut lepas yang lebih minim bahan kimianya.


Sumber : Merdeka.com
 
Diberdayakan oleh Blogger.